Wanita Lebih Berisiko Kena Osteoporosis, Benarkah?

Adi Adrian | 22 Oktober 2020 | 00:17 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Osteoporosis belakangan makin sering terdengar. Upaya untuk membangun kesadaran publik terkait osteoporosis gencar dilakukan. Secara sederhana, osteoporosis adalah penyakit pada tulang di mana kepadatan dan kualitas tulang berkurang lalu berisiko patah khususnya di bagian pergelangan tangan, pangkal paha, dan yang paling sering di tulang belakang bagian bawah. Osteoporosis perlu diwaspadai. Mengingat, penyakit ini dapat terjadi tanpa gejala hingga terjadi patah tulang. Karenanya, osteoporosis disebut dengan silent disease.

Ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Osteoporosis Indonesia (Perosi), DR. dr. Fiastuti Witjaksono, MKM, MS, Sp.GK-K dalam gelar wicara virtual bertajuk “Love Your Bones, Protect Your Future” di akun Instagram Anlene_Indonesia, 20 Oktober 2020. Fiastuti mengingatkan, wanita lebih berisiko kena osteoporosis ketimbang pria. “Data International Osteoporosis Foundation, menyebut 1 dari 3 wanita usia di atas 50 tahun dan 1 dari 5 pria di atas 50 tahun berisiko patah tulang akibat Osteoporosis.”

“Setiap 3 detik terjadi patah tulang akibat penyakit osteoporosis. Ini perlu mendapat perhatian penuh dan kontribusi dari berbagai pihak untuk menjadikan masyarakat Indonesia bebas dari penyakit Osteoporosis,” kata Fiastuti. Kunci mencegah osteoporosis, penerapan gaya hidup sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Protein, kalsium, dan vitamin D berperan penting menjaga kesehatan tulang, sendi, serta otot. Semua bisa didapat dari daging ayam dan telur untuk protein tinggi. Tahu dan susu juga dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D.

“Hindari konsumsi alkohol, merokok, atau terlalu banyak minum kopi dan soda agar serapan kalsium dan pembentukan tulang baru berlangsung optimal dalam tubuh,” beri tahu Fiastuti. Marketing Manager Anlene, Fonterra Brands Indonesia, Rhesya Agustine, Rhesya Agustine, menggarisbawahi peran penting susu tinggi kalsium. “Kami menyediakan susu tinggi kalsium yang membantu tulang, sendi, dan otot tetap sehat juga kuat dengan Anlene Actifit dan Gold Plus. Ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumsi nutrisi susu masyarakat Indonesia.”

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait